Bau Pada Mobil dan Penyebabnya


  08-12-2016

Daihatsu Klaten - Mobil yang bermasalah seringkali dapat dideteksi melalui bau yang dihasilkannya. Biasanya bau dari masing-masing permasalahan berbeda-beda. Berikut beberapa bau berdasarkan permasalahannya.

1. Rem dan kopling

Bau yang dihasilkan dari masalah ini biasanya seperti terbakar dengan aroma berat. Jika mencium bau ini bisa jadi Anda terlalu lama menginjak pedal rem selama perjalanan, sehingga membakar kampas rem. Hal tersebut berlaku juga pada kopling.

2. Kabin bocor

Bau akibat permasalahan ini biasanya beraroma lembab. Penyebabnya karena adanya air masuk ke dalam kabin dan memberikan lahan yang subur bagi bakteri atau jamur untuk tumbuh. Periksalah swkat pada pintu dan jendela untuk memastikan ada tidaknya kebocoran.

3. Oli bocor

Baunya seperti minyak yang terbakar dengan aroma yang tajam. Oli yang terbakar lama kelamaan akan memberikan lapisan keras dan tebal pada komponen yang terkena. Jika dibiarkan tak hanya mesin yang mengalami penurunan performa, komponen lain akan ikut terkena dampaknya.

4. Kerusakan katalitik konverter

Bau yang dihasilkan seperti sulfur. Katalitik konverter yang berfungai menyaring gas buang bekerja di kondisi ekstrem. Usia yang lama atau penggunaan kendaraa yang kurang benar dapat membuat katalitik konverter menjadi rusak atau bocor.

5. Kebocoran bahan bakar

Permasalahan ini cukup mudah diketahui. Bahan bakar yang mudah menguap memiliki bau yang khas. Apabila Anda mencium bau bahan bakar di dalam kabin, bisa jadi terjadi kebocoran bahan bakar

Informasi Pembelian Mobil Daihatsu di Klaten, Boyolali, Sukoharjo, Wonogiri, Solo. Anda dapat menghubungi Daihatsu Klaten di Telepon
Ninik ( Sales Counter )
0815-4860-2726
0813-9361-9789