Inilah Pemicu Mobil Terbakar di Jalan


  04-08-2016

Daihatsu Klaten - Faktor pemicu ada beragam, baik internal maupun eksternal. Berikut inilah pemicu mobil terbakar di jalan serta faktor-faktor yang harus Anda waspadai karena berpotensi menimbulkan kebakaran.

Rembesan Oli Mesin

Mungkin banyak yang binggung mengapa oli bisa sampai mengakibatkan mobil terbakar. Tapi perlu diingat, oli adalah bahan yang bisa juga terbakar. Jika ada pemicunya, oli sangat mungkin menjadi bahan yang bisa membakar.

Menurut penuturan Arnis, pernah ada kejadian mobil terbakar bagian depannya yang disebabkan oleh oli. Sang pemilik mobil mengisi oli terlalu banyak ke  mesin dan sayangnya dia tidak memperhatikan bahwa terdapat celah antara tutup silinder dengan cylinder head yang mengakibatkan oli berhamburan di ruang mesin.

Karena banyaknya oli yang tersembur keluar, mengakibatkan ada genangan oli di seputar baut  header dan mengakibatkan kebakaran yang disebabkan panas yang berlebihan yang dihasilkan oleh header knalpot.

“Ada juga kasus lainnya, di mana mobil tidak pernah mengganti oli gardan. Oli gardan yang sudah lama tidak diganti tersebut membuat seal-seal gardan menjadi getas dan mengakibatkan oli merembes keluar. Rembesan oli tersebut akhirnya menyentuh bagian gardan yang panas karena tidak ada pelumas yang memadai sehingga mengakibatkan kebakaran,” ungkap Arnis.

“Memang titik didih oli untuk bisa terbakar tergolong sangat tinggi, yaitu 200 derajat celcius. Apabila mobil sampai terbakar akibat oli yang merembes, suhu yang dihasilkan di area itu bisa setinggi itu. Kondisi ini bisa tercapai jika gardan kurang pelumas atau area header knalpot mobil,”.

Knalpot Bocor

Berbicara tentang knalpot atau exhaust system, pastinya berhubungan dengan api sisa pembakaran di dalam silinder. Untuk beberapa kasus yang pernah terjadi, header atau exhaust versi cor (header buatan dengan bahan dasar babet) yang sudah bolong setitik saja, bisa menyebabkan mobil terbakar.

Paling krusial bila api yang meletup dari lubang tadi menyambar lapisan peredam di kap mesin atau material lain pada mobil yang mudah terbakar seperti bahan plastik pada bumper.

Alasan mengapa header atau  exhaust keluaran pabrik pasti dilengkapi dengan sekat adalah untuk menangkal kebocoran api. Masih berhubungan dengan knalpot, tabung atau muffler yang bocor dan memiliki posisi dekat tangki bahan bakar dapat menjadi biang keladi penyebab kebakaran mobil.

Arnis menambahkan, tak jarang kita lihat pada bengkel knalpot yang melakukan kecerobohan ketika melakukan perbaikan knalpot dengan cara mengelas langsung di kolong mobil.

Informasi Pembelian Mobil Daihatsu di Klaten, Boyolali, Sukoharjo, Wonogiri, Solo. Anda dapat menghubungi Daihatsu Klaten di Telepon
Ninik ( Sales Counter )
0815-4860-2726
0813-9361-9789