Mengatur Posisi Headrest Untuk Keselamatan Penumpang Mobil


  05-01-2016

Headrest bisa jadi adalah salah satu komponen di kabin yang paling diremehkan. Padahal ia merupakan salah fitur keselamatan paling penting bagi penumpang. Berikut tips mengatur posisi headrest demi keselamatan penumpang mobil.

Banyak yang salah paham pada headrest yang dianggap sebagai aksesori belaka. Sesuai namanya ia disebut, ‘headrest’, ia disangka merupakan benda yang berfungsi untuk menjadi sandaran santai atau mengistirahatkan kepala saat berkendara.

Padahal ia lebih dari itu. Kata ‘rest’ dalam headrest merupakan kependekan dari restraint alias penahan. Bukan rest yang harfiahnya adalah istirahat. Sehingga, tugas utamanya adalah menahan kepala.

Namun konteks menahan di sini lebih besar dari sekadar menahan kepala untuk bersandar. Melainkan menahan kepala saat terjadi insiden atau tabrakan yang melibatkan mobil.

Ketika terjadi benturan mobil, headrest berfungsi sebagai fitur keselamatan pasif yang menahan kepala untuk bergerak ke belakang (whiplash). Dengan menahan kepala itulah maka headrest mampu mencegah penumpang dari cedera hingga patah tulang leher (cervical vertebrae).

     

Paling kontras adalah jika mobil terlibat insiden yang menghasil­kan tumbukan keras dari arah belakang. Jika ini yang terjadi, maka posisi leher akan bergerak ke arah sumber tumbukan (belakang).

Situasi ini sungguh tak bisa diremehkan. Saat terjadi tumbukan, gaya yang muncul bisa mencapai 8 G (gravitasi). Dengan gaya sebesar itu, headrest harus mampu menahan gerakan kepala tidak lebih dari 45 derajat agar tidak terjadi cedera.

Namun sebaik apapun fungsi headrest jika tidak digunakan dengan benar maka fungsinya tidak akan optimal. Itu sebabnya perlu diketahui bagaimana mengatur headrest yang benar. Langkah-langkah yang sangat sederhana, tapi berfungsi sangat efektif untuk menyelamatkan hidup Anda.

Mengatur Ketinggian = Menyelamatkan Nyawa

Secara umum headrest pada bangku terdiri dari 2 jenis, yang bisa diatur maupun yang fix (terintegrasi dengan bangku). Untuk yang jenis fix Anda tentu tidak bisa mengaturnya dan biasanya pabrikan mobil sudah merancang agar headrest mampu memenuhi aspek keselamatan maupun estetika.

Namun untuk yang bisa diatur, langkahnya sangat mudah:

1. Atur bangku Anda untuk mencapai posisi duduk sempurna. Pastikan punggung bisa bersandar penuh dan rileks ke sandaran bangku.

2. Tekan klip pengunci agar headrest bisa dinaik-turunkan sesuai kebutuhan.

3. Atur headrest agar mencapai ketinggian yang pas. “Caranya sangat mudah, yang penting pastikan agar sisi atas headrest sejajar dengan sisi atas kepala penumpang,” ucap Anto Beding, Chief Instructor Brain Based Driving Otomotif Group.

4. Untuk kemudahan, Anda bisa menggunakan tangan sebagai alat bantu mensejajarkan ketinggian headrest dengan kepala Anda.

 

By : Trybowo Laksono

Sumber : www.autobild.co.id

 

Informasi Pembelian Mobil Daihatsu di Klaten, Boyolali, Sukoharjo, Wonogiri, Solo. Anda dapat menghubungi Daihatsu Klaten di Telepon
Ninik ( Sales Counter )
0815-4860-2726
0813-9361-9789