Merawat Mobil Dengan Baby Oil


  15-12-2017

Daihatsu Klaten - Merawat kendaraan ternyata juga bisa dilakukan dengan bantuan bahan yang sering kita temukan. Salah satu contohnya yaitu baby oil. Pelembab yang diperuntukkan untuk merawat kulit bayi ini, ternyata juga dapat digunakan sebagai bahan untuk perawatan ringan mobil.  

Seperti dilansir dari otomotif.grid.id, perawatan ringan menggunakan baby oil  sudah sering dilakukan oleh komunitas GE8 Squad Indonesia (GSI).

Cairan ini memang serba-guna. Pertama, cairan ini sangat ampuh untuk mengusir kotoran yang membandel. Selain itu, sifat pelembab pada baby oil mampu mencegah kusam dan getas pada material seperti karet dan plastik.  

Penasaran apa saja yang bisa dilakukan dengan bantuan baby oil? Berikut tips-tips yang diberikan oleh GSI.


Merawat Karet Wiper

Pertama adalah trik sederhana untuk menjaga kelembaban karet wiper. “Biasanya setelah dicuci atau sebelum berpergian, saya oleskan baby oil pada karet wiper,” kata Evan, salah seorang member GSI.

Cairan lembut ini juga bisa jadi alternatif pelembab karet. “Kalau beli pelembab karet kan cukup mahal, lagipula mencari pelembab karet cukup sulit karena jarang toko yang menjualnya. Sedangkan baby oil mudah didapat dan harganya murah. Terlebih tidak mengandung cairan berbahaya untuk karet mobil,” lanjut Albert.

Pembersih Ruang Mesin

Kebersihan ruang mesin seringkali luput dari pengamatan kita. Apalagi ketika memasuki musim hujan, ruang mesin menjadi lebih mudah kotor. Membersihkannya tidak boleh sembarangan, karena pada ruang mesin banyak terdapat komponen elektrikal kendaraan.

“Untuk membersihkan ruang mesin sebaiknya jangan disemprot langsung dengan air. Karena pada ruang mesin banyak komponen elektronik yang tidak terlindungi, dan mudah bermasalah jika terkena air bertekanan tinggi. Merawat ruang mesin bisa menggunakan baby oil. Cukup dengan bantuan lap basah yang dicampur sedikit baby oil dan keringkan dengan chamois,” ujar Evan dari GSI.

Tujuan baby oil adalah untuk membuang kotoran dan membuat komponen mesin dari plastik atau karet tak mudah kusam dan pecah-pecah.

Menjaga Kualitas Cat Doff

Menghilangkan bercak putih dan debu di cat doff ternyata bisa menggunakan baby oil. Caranya cukup mudah, Tuangkan baby oil ke kan lap yang memiliki serat lembut, lalu oleskan ke seluruh permukaan bodi yang berwarna doff.

Pengolesan dilakukan secara merata dengan cara ditekan dan diputar. Caranya mirip seperti saat melakukan poles pada cat, agar kotoran seperti debu dan bercak terangkat bersih. Setelah selesai, pastikan sisa baby oil yang masih tersisa di permukaan bodi, dibersihkan dengan tuntas.

Membersihkan Dasbor

Dasbor mobil yang telah kusam, bisa tampak seperti baru dalam waktu yang singkat. Hanya membutuhkan baby oil dan tisu dalam melakukan proses pembersihan ini. Selain itu, proses perawatan ini juga aman dan mudah dilakukan

Langkah pertama yaitu membasahi tisu dengan baby oil, kemudian usapkan pada bagian dasbor hingga merata. Pekerjaan ini mungkin membutuhkan banyak tisu kalau ukuran dasbor yang ingin dibersihkan cukup luas.

Selain itu, pastikan tidak ada bagian dashbor yang tertinggal karena dapat menimbulkan efek mengkilap yang tidak serasi. Baby oil akan membersihkan dasbor dan membuatnya terlihat seperti baru. Di samping itu, aromanya tak terlalu menyengat, sehingga nyaman.

Informasi Pembelian Mobil Daihatsu di Klaten, Boyolali, Sukoharjo, Wonogiri, Solo. Anda dapat menghubungi Daihatsu Klaten di Telepon
Ninik ( Sales Counter )
0815-4860-2726
0813-9361-9789