Persiapan Mudik


  13-06-2017

Daihatsu Klaten - Saat merencanakan perjalanan mudik menggunakan mobil, banyak yang harus dipersiapkan. Mulai dari cek kondisi mobil seperti ban, kaki-kaki, mesin, peralatan mekanik serta spare part bila diperlukan 

Saat merencanakan perjalanan mudik menggunakan mobil, banyak yang harus dipersiapkan. Mulai dari cek kondisi mobil seperti ban, kaki-kaki, mesin, peralatan mekanik serta spare part bila diperlukan. Selain itu juga tidak lupa fisik pengemudi dan tentunya alat-alat yang membantu selama perjalanan. Lantas apa saja yang harus dipersiapkan? Berikut tipsnya:

1.    Periksa Kondisi Ban Mobil
Pastikan keempat ban masih dalam kondisi baik dengan kembang ban masih tebal atau belum mencapai batas tolerasi (Tread Wear Indicator). Tambalan ban tidak permanen atau terkoyaknya dinding ban mewajibkan Anda untuk segera menggantinya. Sebab ban sebagai satu-satunya bidang kontak dengan permukaan jalan akan menerima beban yang cukup berat.

2.    Suspensi dan Kemudi (Kaki-kaki)
Posisinya yang saling berdampingan membuat sistem ini mendapat perhatian selanjutnya agar mampu memberikan rasa aman dan nyaman ketika berkendara. Kondisi sokbreker, ball joint, tie-rod end, bearing  roda, dan karet bushing suspensi patut mendapat perhatian.

Ganti bila salah satu komponen ini telah aus atau malah sudah rusak. Lalu lakukan spooring dan balancing setelah melakukan perbaikan atau penggantian komponen tersebut agar sudut-sudut di roda kembali normal dan tetap membuat pengendalian optimal serta memberikan kenyamanan berkendara.

3.    Cek Mesin Mobil
Sebagai tenaga penggerak, tentu mesin harus dalam kondisi prima. Tiga unsur penting di mesin wajib mendapat perhatian yakni udara, bensin, dan pengapian. Ketiga hal ini wajib memberikan peran optimalnya agar mesin dapat bekerja dengan sempurna. Filter udara wajib diperiksa atau dibersihkan sebelum melakukan perjalanan jauh. Selanjutnya, fuel system juga perlu diperiksa agar mampu menyuplai bahan bakar dengan baik. Dan sistem pengapian seperti busi, tak ada salahnya untuk diganti.

Selebihnya, tinggal memperhatikan faktor pendukung lainnya seperti cooling system dan pelumasan di mesin. Ganti kedua cairan ini agar kerja mesin jadi optimal. Plus memeriksa fungsi kipas elektrik agar mampu mendinginkan mesin ketika diperlukan. Apalagi ketika menghadapi kemacetan, mesin tidak mendapat suplai udara segar untuk melepaskan panas di radiator.

4.    Persiapkan GPS Mobil Canggih
Karena menempuh perjalanan jauh, ada baiknya Anda membawa peta digital seperti GPS mobil. Peran perangkat navigasi GPS mobil dalam menentukan rute perjalanan tentu sangat krusial di kala Anda tidak mengenal wilayah yang dilewati. Sebagai sarana penunjuk jalan antara 2 titik, penggunaan GPS mobil di pulau Sumatra, Jawa dan Bali sudah dapat diandalkan.

Perangkat ini bisa berguna untuk merencanakan rute perjalanan, memantau fasilits-fasilitas umum yang akan dilewati. Seperti rumah ibadah, sekolah, SPBU, bank, toko, restoran, bengkel, hotel, kantor polisi hingga rumah sakit.

Tidak hanya itu, beberapa GPS mobil canggih saat ini memiliki fungsi lain yang dapat dieksplorasi seperti pencatatan statistik perjalanan, pencarian POI serta pemilihan rute berdasarkan premis tercepat atau terdekat. Berikut penjelasannya.  

5.    Ban Serep
Selain ban utama, jangan lupa juga untuk mengecek ban serep mobil Anda. Kita tidak tahu ketika sedang melaju, tiba-tiba ban kempis dan membutuhkan penggantian ban. Nah, pada kondisi seperti ini ban serep tentu menjadi komponen yang amat penting.  

6.    Peralatan Mekanik
Peralatan sederhana seperti obeng, kunci inggris, dongkrak dan alat mekanik ringan lainnya juga tidak luput dari barang bawaan. Anda tidak akan pernah tahu ada kejadian apa selama perjalanan. Tanpa bantuan alat-alat ini akan mempersulit ketika ingin mengganti ban misalnya atau memperbaiki komponen mesin.

7.    Spare Part
Beberapa spare part fast moving juga bisa Anda bawa untuk berjaga-jaga bila terjadi hal yang tidak diinginkan ketika di perjalanan. Seperti oli, busi, atau mungkin filter bisa ditaruh di bagasi sehingga Anda tidak perlu repot mencari bengkel atau mengantri ketika ingin menggantinya.

Nah sudah jelas tips dari kami? Tapi jangan lupa juga tetap menjaga kesehatan tubuh karena tradisi mudik itu cuma terjadi setahun sekali. Intinya Gue Mau Mudik. Nah, untuk Anda yang sedang mencari berbagai aksesoris dan peralatan keselamatan untuk kendaraan Anda, jangan lupa untuk mampir ke website MatahariMall yang saat ini sedang mengadakan promo 'Gue Mau Mudik' untuk hampir semua jenis peralatan otomotif terbaik. Selamat mudik ya.  

Informasi Pembelian Mobil Daihatsu di Klaten, Boyolali, Sukoharjo, Wonogiri, Solo. Anda dapat menghubungi Daihatsu Klaten di Telepon
Ninik ( Sales Counter )
0815-4860-2726
0813-9361-9789