Tips Hemat Konsumsi BBM Pada Mobil Kesayangan Anda


  01-11-2016

Daihatsu Klaten -  Bicara soal bahan bakar tentunya sangat penting, terlebih harga harga minyak dunia dapat menentukan harga bbm nasional. Nah, harga yang cenderung naik dan turun ini menuntut para pemilik kendaraan harus pintar-pintar untuk menghemat bahan bakar. Dan inilah tips hemat konsumsi BBM pada mobil kesayangan Anda.

Tidak Overload

Ada berbagai cara untuk menghemat bahan bakar kendaraan roda empat. “Pertama adalah dengan tidak membawa beban berlebihan pada mobil. Karena semakin berat mobil, konsumsi bbm-nya akan semakin banyak. Jadi, pastikan Anda membawa barang-barang yang diperlukan saja selama berkendara agar bisa irit BBM,” ucap Asep Kepala Bengkel Esa Motor yang berlokasi di Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Perawatan Berkala

Asep pun menuturkan melakukan perawatan mobil secara rutin juga bisa membuat BBM lebih hemat. Hal itu disebabkan komponen-komponen mobil akan tetap terjaga dari kerusakan. “Misalnya, saringan udara dan busi yang cukup berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar mobil jika terjaga keawetannya, imbuhnya.

Gaya Mengemudi

Dirinya pun melanjutkan selain perawatan di atas, gaya mengemudi pun menjadi salah satu cara untuk hemat BBM. “Cara mengemudi yang arogan seperti memacu gas dan rem secara mendadak akan membuat konsumsi bbm meningkat. Mesin akan bekerja lebih keras ketika gas dan rem dipacu secara tiba-tiba dan akhirnya bahan bakar jadi lebih cepat habis,” tuturnya.

Asep pun menyarankan agar berkendara dalam kecepatan standar. Dikarenakan sering berganti-ganti kecepatan akan memacu pemborosan bensin karena mesin harus beradaptasi dengan kecepatan yang berubah-ubah.

Kemudian memacu mobil dengan kecepatan yang tinggi tentu membutuhkan konsumsi bahan bakar yang tinggi pula. “Proses pembakaran pada mesin akan lebih cepat dan membuat bahan bakar makin boros. Jadi, berkendara dengan kecepatan konstan akan membantu Anda mengirit bahan bakar mobil dan menghindarkan Anda dari menguras isi kantong tiap membeli bensin,” katanya.

Bijaksana Dengan AC

Tak hanya itu, penggunaan AC juga diklaim mempengaruhi hemat atau tidaknya bahan bakar mobil. Asep pun mengatakan, “Sebaiknya, matikan AC jika tidak diperlukan karena AC dapat meningkatkan 10 persen konsumsi bahan bakar.”

Asep pun menambahkan selain AC, ban juga berpengaruh pada konsumsi bahan bakar. “Ban yang bagus dan memiliki tekanan yang tepat akan menghemat hingga lima persen penggunaan bahan bakar,” ujarnya.

Tentu penggunaan bahan bakar yang berkualitas atau dengan oktan tinggi akan membantu mengurangi tingkat keborosan kendaraan anda. Meski bahan bakar berkualitas baik atau bagus cenderung lebih mahal, tapi akan membuat pembakaran mesin jadi lebih sempurna dan bensin jadi lebih irit.

Oh iya, bagi masyarkat urban mematikan mesin bisa menjadi opsi ketika menghadapi macet parah. “Macet yang sering kita jumpai di jalanan, dan jika anda sedang terjebak di jalanan macet  benar benar tidak bisa bergerak atau tidak dapat jalan keluarnnya, alangkah baiknya jika anda mematikan mesin mobil anda,” tutup Asep.

Informasi Pembelian Mobil Daihatsu di Klaten, Boyolali, Sukoharjo, Wonogiri, Solo. Anda dapat menghubungi Daihatsu Klaten di Telepon
Ninik ( Sales Counter )
0815-4860-2726
0813-9361-9789