Tips Merawat Lampu Depan Agar Tetap Optimal


  06-01-2016

Sebagai salah satu komponen terpenting, headlamp tidak hanya berfungsi menerangi jalan di malam hari tapi juga menjadi sebuah tanda untuk memberitahu posisi jalur mobil Anda ke pengendara lain. Oleh karena itu, kami memberikan tips merawat lampu depan agar tetap optimal.

Seiring waktu pemakai­nya tentu membuat performanya menurun membuat pancaran sinar lampu meredup atau fatalnya lampu bohlam tiba-tiba mati. Hal tersebut bisa jadi sa­ngat membahayakan saat berkendara di kondisi jalan gelap.

Beberapa penyebabnya bisa karena, mika lampu menguning, headlamp be­rembun, ada masalah pada soket atau kabel listrik, ataupun melelehnya reflektor lampu yang menyebabkan sorotan sinar lampu kurang optimal.

Untuk menjaga headlamp bekerja secara maksimal, tentunya Anda perlu melakukan pemeriksaan pada bagian tersebut, diantaranya adalah:

Mika yang menguning membuat sorotan sinar lampu tidak optimal Lubang lampu bohlam salah satu celah air merembes kedalam headlamp Embun yang menumpuk juga menjadikan sorotan lampu seolah meredup


1. Mika Headlamp

Biasanya di mobil-mobil yang sudah cukup berumur, mika lampu bagian terluar headlamp kerap menguning atau nampak kusam. selain menghambat pancaran lampu juga memberikan efek kurang baik untuk penampilan eksterior mobil. Terlihat usang dan tidak sedap dipandang.

Beberapa pemicunya adalah faktor cuaca yang menyebabkan jamur terkadang hinggap. Biasanya hal ini dikarenakan Anda suka memakirkan kendaraan di area terbuka. Oleh karena itu sebisa mungkin usahakan parkir di tempat yang memiliki atap. Selain itu penggunaan bohlam lampu yang tidak sesuai spsifikasi standar pabrik juga menjadi alasanya.

Meskipun dengan pemakaian lampu dengan da­ya listrik yang lebih ting­gi membuat sorotan lampu lebih terang, tapi su­hu yang di hasilkan juga le­bih tinggi. Tentu disam­ping berdampak negatif pada mika lampu, reflektor mobil juga bisa meleleh dan celakanya bisa menimbulkan terjadinya korslet listrik.

Cara untuk menghilang­kan efek kusam tersbut Anda bisa menggunakan pemoles atau wax khusus mika lampu yang dijual di toko-toko perawatan mobil. Penggunaannya cukup mudah karena bisa dilakukan secara mandiri (DIY).

Namun jika efek menguning masih ada karena berada di sisi dalam mika, alangkah baiknya Anda membawanya ke bengkel spesialis lampu karena untuk membersihkannya headlamp perlu dibongkar dan cukup merepotkan bagi Anda yang belum pernah melakukannya.

2. Headlamp Berembun

Masalah ini timbul karena masuknya air kedalam headlamp. Hal tersebut kemungkinan terjadi ketika Anda menerjang banjir atau mencuci mobil dengan air bertekanan kencang disaat sealer antara mika dan reflektor mulai getas. Selain itu sil karet yang tidak terpasang sempurna akibat penggantian bohlam juga bisa jadi penyebabnya.

Untuk menghilangkan butiran-butiran air kecil tersebut, Anda mesti melepas headlamp terlebih dahulu. Kemudian Anda cukup mengelapnya melalui lubang lampu bohlam dengan menggunakan kain microfiber yang telah diikat dengan tongkat kayu kecil. Sehingga bagian yang sulit terjangkau pun bisa diatasi.

Terbilang cukup merepotkan. Namun untuk hasil yang memuaskan, agar embun tidak lagi datang karena remebesan air yang masuk, baiknya Anda membawanya ke salon mobil agar headlamp direkatkan kembali dengan sealer yang baru.

Untuk hasil maksimal lampu mesti dibongkar Bengkel spesialis memiliki proses yang cepat dibantu alat yang lengkap Usahakan penggantian lampu bohlam memiliki spesifikasi yang sama dengan standar pabrik

3. Kelistrikan

Meski penggantian kabel lampu jarang dilakukan, namun ketika sudah mencapai batas umur pakai, pastikan instalasi kelistrikannya dilakukan secara baik. Pastikan sambungan terapasang dengan “klik”. Fungsinya untuk menghin­dari hubungan arus pendek atau korsleting.

By : Danang Wasito

Sumber : www.autobild.co.id

Informasi Pembelian Mobil Daihatsu di Klaten, Boyolali, Sukoharjo, Wonogiri, Solo. Anda dapat menghubungi Daihatsu Klaten di Telepon
Ninik ( Sales Counter )
0815-4860-2726
0813-9361-9789