Tips Singkat Kapan Ban Diganti dan Cara Merawatnya


  06-01-2016

Ban sudah pasti menjadi komponen kendaraan yang vital. Ban yang tidak dirawat atau jelek berisiko mengancam keselematan pengendara dan orang lain.  Ban yang sudah jelek, sebaiknya segera diganti dengan yang baru.

Bagaimana ciri-ciri ban yang perlu diganti? GT Radial sedikitnya memberikan 5 alasan mengapa ban harus diganti, yakni tapak ban yang sudah tipis,  terdapat benjolan pada ban yang berpotensi terjadinya pecah ban, dan bocor atau sobek di bagian sisi atau dinding ban.

 

 

 

Selain itu ban yang sebaiknya diganti adalah ban yang banyak terdapat tambalan karena berpotensi bocor lagi seketika, serta karet ban yang sudah getas dan pecah-pecah.

Lantas jika sudah memakai ban yang layak, rawatlah ban kendaraan Anda karena berguna untuk menjaga performanya tetap maksimal dan lebih awet.

 

 

 

Lantas bagaimana cara perawatannya? Secara singkat terdapat 4 langkah merawat ban mobil:

  1. Perhatikan tekanan angin, sesuaikan dengan petunjuk pabrikan soal ukuran angin yang dianjurkan.
  2. Upayakan ban di-balancing dan spooring agar pengendalian dan performa tetap maksimal saat beraksi di jalan.
  3. Jika kotor, sebaiknya hanya gunakan sabun atau sampo mobil untuk membersihkan ban.
  4. Untuk hasil maksimal, lepaskan keempat roda, dan b di sela-sela roda dan ban secara optimal. Lakukan hal itu minimal sebulan sekali.

Sumber : www.otosia.com

Informasi Pembelian Mobil Daihatsu di Klaten, Boyolali, Sukoharjo, Wonogiri, Solo. Anda dapat menghubungi Daihatsu Klaten di Telepon
Ninik ( Sales Counter )
0815-4860-2726
0813-9361-9789