Mencoba Daihatsu Sigra 1.2 R Deluxe MT Manual di Indonesia


  01-11-2016

Daihatsu Klaten - Daihatsu Sigra 1.2 E Deluxe MT adalah lawan Datsun Go+ Panca. Dengan sama-sama menggunakan transmisi manual, apa kelebihan yang diberikan oleh LCGC tujuh penumpang dari Daihatsu ini? Auto Bild mencoba Daihatsu Sigra 1.2 R Deluxe MT manual di Indonesia.

Hadirnya Daihatsu Sigra ke permukaan menjadi sebuah ancaman bagi Datsun Go+ Panca yang notabene pelopor LCGC Seven Seater. Salah satu kelebihan yang dihadirkan Sigra adalah transmisi otomatis dan itu merupakan senjata mematikan bagi Datsun Go+ Panca.

Namun di luar faktor kenyamanan, jika melihat dari sisi penjualan, konsumen di segmen LCGC justru lebih gemuk di unit yang menggunakan transmisi manual.

Oleh sebab itu belum lengkap rasanya jika kami tidak menguji Daihatsu Sigra 1.2 R Deluxe MT, kami prediksi ini lah tipe yang ramai diminati oleh konsumennya.

Cara pengujian First Drive kali ini pun sedikit berbeda, karena kami menguji di sela-sela media Test Drive yang diselenggarakan pihak Daihatsu. Rute perjalanan yang kami lalui adalah BSD, Tangerang Selatan menuju Gunung Pancar, Sentul, Bogor.

Fokus kepada Daihatsu Sigra 1.2 R Deluxe MT. Ia mengandalkan transmisi manual 5 percepatan, untuk posisi tuasnya pun identik dengan versi otomatis, yaitu in-dash.



Posisi tuas in-dash di Sigra tentunya memberikan keuntungan kepada pengemudi, yaitu mudah dijangkau. Terlebih pada Sigra bertransmisi manual, pengemudi akan lebih banyak berinteraksi dengan tuas transmisi untuk meningkatkan kecepatan.

Selain itu tuas transmisi juga terasa presisi dan ringan saat dioperasikan. Ketersediaan tuas kopling yang ringan saat diinjak mengurangi beban pengemudi saat melaju stop and go di kondisi lalu lintas perkotaan yang padat.

Perjalanan pun dimulai langsung dengan melalui tol dalam kota. Penyaluran tenaga dari mesin berkapasitas 1.197 cc dengan tenaga 88 dk terasa cukup. Terbukti tidak sulit untuk mendahului kendaraan lain saat itu.

Kendati demikian kami pun merasakan pengendalian yang terasa melayang pada kecepatan 80 km/jam saat melaju di tol. Ternyata ini merupakan efek dari penggunaan Electronic Power Steering (EPS) yang membuat lingkar kemudi terasa terlalu ringan saat melaju cepat.

Tapi tidak demikian saat penggunaan di perkotaan, EPS sangat lah berguna dengan membuat lingkar kemudi menjadi lebih ringan saat dioperasikan.

Melihat kondisi itu sangat lah wajar, pasalnya Sigra bukan sebuah kendaraan yang berorientasi pada performa, melainkan akomodasi dan efisiensi.

Rintangan pun terasa menghampiri Sigra 1.2 R Deluxe MT di saat melewati trek pendakian menuju Gunung Pancar, Bogor. Mesin berkodekan 3NR-VE yang digunakan olehnya terasa cukup berat melahap jalur pendakian.

Tapi toh itu bukan masalah besar karena kami tinggal menjaga putaran mesin dengan menurunkan gigi untuk mendapat tenaga dan torsi optimal.

Untungnya tuas persneling Sigra terasa ringan. Kami sama sekali tidak menemui kesulitan setiap kali shifting. Akurasinya pun juga lumayan sehingga dalam keadaan yang krusial seperti saat overtake, kemungkinan salah posisi gigi bisa dihindari.

Di jalur perkotaan, transmisi manual ini mungkin bukan pilihan terbaik bagi konsumen Sigra. Tapi di luar kota besar yang belum banyak terjerat kemacetan, Sigra bertransmisi manual justru memiliki kesempatan besar untuk dilirik konsumen yang lebih banyak.

Rival
Datsun Go+ Panca T-Style

Mesin : 1.198 cc 3 silinder, 68 dk
0-100 km/jam : 13,3 detik
Harga : 118,45 juta

+: Harga, posisi duduk, handling
-: Tenaga, getaran mesin, model

 

First Opinion
Daihatsu Sigra 1.2 R Deluxe MT memiliki kelebihan dalam hal pengolahan BBM dan harga yang lebih murah dari versi otomatisnya. Tidak hanya itu depresiasi harga setiap tahunnya juga bisa lebih bertahan, ditambah peminatnya yang lebih banyak saat kondisi second dibandingkan versi otomatisnya.

Sekilas Pandang
- Menggunakan platform dari Ayla
- Tersedia mesin 998 cc 3 silinder
- Tersedia 10 tipe

 
  • Tags:
Informasi Pembelian Mobil Daihatsu di Klaten, Boyolali, Sukoharjo, Wonogiri, Solo. Anda dapat menghubungiDaihatsu Klaten di Telepon
Ninik ( Sales Counter )
0815-4860-2726
0813-9361-9789